Polda Babel Libatkan TNI dan Media, Untuk Pencarian Agus Terduga Teroris

oleh -2 views

 

Kapolda: Tolong Rekan Media Bantu Kita Juga

 

Penulis: La Ode M. Murdani.

TINTABERITABABEL.COM, PANGKALPINANG –Kepolisian Daerah (Polda) kepulauan Bangka Belitung, meminta bantuan peran Media (Wartawan) untuk membantu pihaknya dalam pencarian pelaku Agus Setianto alias Abu Raffa (44) Warga Gang Rintis Jalan. Mentok Rt/01, Dusun II, desa Kace, kecamatan Mendo Barat, kabupaten Bangka yang berhasil melarikan diri dari Mapolda Babel, Kamis (01/7/2021) Pukul 03.00 WIB.

Agus merupakan pelaku terduga teroris yang sebelumnya telah di amankan berikut Barang Bukti Senjata dan ratusan Amunisi oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Bersama Polda Babel, Rabu (30/6/2021) Lalu.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) kepulauan Bangka Belitung Irjen (Pol) Drs Anang Syarif Hidayat mengatakan pelaku Agus melarikan diri setelah dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik dan saat ini yang bersangkutan dalam pengejaran oleh Team Gabungan TNI-POLRI.

Orang nomor satu di Kepolisian Daerah Bangka Belitung itu pun meminta bantuan kepada Rekan-rekan Media, untuk membantu informasi pencarian pelaku yang saat ini masih dalam pengejaran pihaknya.

“Kita masih melakukan pengejaran dan pengembangan, karena mengejar teroris ini. Tidak sendirian pasti ada Orang-orang sekitar nya yang turut membantu, Oleh karena itu pada kesempatan ini saya juga meminta rekan Media agar turut membantu kita untuk mencari yang bersangkutan dan mengikatkan kepada Masyarakat jangan membantu dan melindungi bersangkutan (Pelaku-red) karena kalau ada yang melindungi juga akan dikenakan Undang-undang terorisme,”kata Anang.

Ditambahkan Kapolda dirinya akan menyebarkan Foto-foto pelaku yang terbaru agar masyarakat yang melihat bersangkutan dapat mengenalinya dan dapat melaporkan kepada Kepolisian.

“Nanti saya kasih foto ke Rekan Media untuk disebarkan agar pelaku cepat tertangkap. Selain itu bilah Rekan-rekan Media mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku diharapkan dapat berkoordinasi dengan Kabid Humas Polda Babel Kombes Pol M. Maladi, saya pun himbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan takut. Serahkan masalah ini kepada kami.”pungkasnya.

Pelaku Agus Setianto alias Abu Raffa (44) Warga Gang Rintis Jalan. Mentok Rt/01, Dusun II, desa Kace, kecamatan Mendo Barat, kabupaten Bangka. FOTO: Polda Babel/IST.

Dilansir dari pemberitaan sebelumnya, Bedasarkan Laporan Intelijen (LI) di pesan WhatsApp bahwa tersangka berhasil melarikan diri saat, Kamis (01/7/2021) pukul 03.00 WIB.

Demikian laporan LI yang beredar, Tersangka ditangkap oleh Tim densus 88 AT Polri bersama Tim Polda Bebel pada hari Rabu 30 Juli 2021 sekitar jam 13.00 Wib di rumahnya Gang Rintis Jl. Mentok Rt/01, Dusun II, Desa Kace, kecamatan Mendo barat, kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian tersangka dibawa dan diamankan di Polda Babel (ruang khusus Satgaswil densus 88 AT, dengan penjagaan ketat oleh anggota.

Pada sekitar jam 14.30-19.30 dilakukan penggeledahan rumah tersangka Agus Setianto dan tersangka Sumarsono, ditemukan dan disita barang bukti berupa 2 pucuk senjata api aktif, ratusan amunisi berbagai ukuran, bagian2 senjata yg akan dirakit, mesin bubut dll, kegiatan berjalan lancar.

Pada jam 23.00 – 02.30 (kamis 1/7/2021) tim penyidik melakukan interogasi terhadap tersangka Agus Setianto dan tersangka diamankan di ruang pemeriksaan tersebut dan rencana akan dilanjutkan pemeriksaan di pagi harinya.

Tersangka dijaga oleh 4 anggota Satgaswil yang ditunjuk an. Bripda Tri Wahyudi; Bripda Hafis; Bripda Fadhil dan Bripda Yudha. Dalam kondisi kaki diborgol pakai Rantai dan tangan diborgol menggunakan borgol ties.

Sekitar jam 03.30 anggota yang jaga mengecek kedalam ruangan tempat dimana tersangka ditempatkan ternyata sudah tidak ada ditempat dan borgol rantai kali dan borgol ties kali sudah lepas tertinggal di lantai.

Kemudian setelah itu langsung dilakukan pencarian dan pengejaran yang melibatkan personil Satgaswil dan Jatanras dan Ditintel Polda disekitar Polda. Dilanjutkan dengan penyisiran diseputaran belakang polda yang memang masih banyak hutan2nya.

Dilakukan pengambilan CCTV dan diketahui bahwa yang bersangkutan melarikan diri sekitar jam 03.00 sesuai jam CCTV, keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda.

Hingga saat ini masih dilakukan pengejaran tentang keberadaan tersangka dan Info terakhir yang diperoleh bahwa ada pemilik rumah lokasi belakang Polda menyampaikan tadi malam ada orang yang mengendap endap mesuk ke dalam hutan belakang polda (diduga itu adalah tersangka Agus)

Kemudian diperoleh info dari orang bengkel las yang lokasinya sekitar, dari Polda mengatakan sekitar jam 08.30 tadi pagi ada orang yang menaiki sepeda motor semacam bolak balik didepan bengkel seperti orang kebingungan dengan ciri yang mirip termasuk foto ditunjukkan sama dengan tersangka Agus.

Status tersangka belum dilakukan penahanan dan posisi masih dalam pengembangan pemeriksaan. (TB)

No More Posts Available.

No more pages to load.