Peduli Kesejahteraan Dan SDM Nelayan, Bupati Bateng Berikan Pelatihan dan Bantuan

oleh -20 views

 

Penulis: Aqbal Iskabullah.

TINTABERITABABEL.COM, KOBA — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), yang dihadiri langsung Bupati Bateng Algafry Rahman melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Bateng, menggelar Pembinaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) sektor perikanan tangkap di Soll Marina Hotel, Jumat (02/07/2021).

Pembinaan KUB yang diikuti 100 orang perwakilan nelayan dan penyuluh perikanan se-Bangka Tengah ini dibuka resmi oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman dan didampingi Kepala Dinas Perikanan Bateng, Taufik.

Algafry Rahman, mengatakan pentingnya mengikuti pembinaan ini agar nelayan diharapkan memiliki bekal pengetahuan yang semakin baik.

“Pemerintah sangat peduli dan perhatian kepada para nelayan, maka untuk itu ikuti kegiatan ini dengan baik. Sehingga peningkataan manajemen usaha khususnya di bidang perikanan tangkap meningkat. Kegiatan ini juga salah satu upaya Pemerintah Bateng untuk meningkatkan sumber daya manusia,”ujar Algafry.

Lebih lanjut, Algafry mengungkapkan dalam setiap bidang usaha perlu kesungguhan dan fokus dalam menjalaninya. Tidak hanya nelayan tangkap, namun juga belajar dari usaha tambak atau pertanian.

“Silakan mencontoh keberhasilan orang lain, pelajari teknik-tekniknya, manfaatkan teknologi yang diberikan Pemkab Bateng. Juga bantuan-bantuan yang diberikan, manfaatkan dengan maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Taufik mengatakan pihaknya berharap agar pembinaan ini dapat dipahami para nelayan dengan benar, khususnya terkait pemanfaatan asuransi kecelakan nelayan yang saat ini addendum Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Jasindo Cabang Pangkalpinang.

“Semua ini mengantisipasi keamanan dan keselamatan nelayan di laut dimana iuran asuransinya dibantu oleh Pemkab Bateng selama 1 tahun awal. Untuk itu hari ini diberikan pembinaan selain tentang perikanan tangkap dan pembinaan mental, juga sosialisasi akan pentingnya iuran asuransi yang berkesinambungan. Termasuk juga sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 yang sangat penting untuk keselamatan bersama,” jelas

Pada kegiatan ini dilangsungkan juga simbolis penyerahan bantuan asuransi nelayan. Juga penandatanganan addendum PKS antara Dinas Perikanan Bangka Tengah dengan PT. Jasindo Cabang Pangkalpinang disaksikan oleh Bupati Bateng. (TB)

No More Posts Available.

No more pages to load.