Wabup Bateng Hadiri Sosialisasi Pengelolaan TPI dan Kios Maritim Batu Belubang

oleh -12 views

 

Penulis: Aqbal Iskabullah

 

Tintaberitababel, Pangkalan Baru – Wakil Bupati (Wabup) Bangka Tengah (Bateng) Herry Erfian hadiri Sosialisasi Pengelolaan dan Penyelenggaraan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tahun Anggaran 2021 yang digelar oleh Dinas Perikanan Bateng bertempat di TPI Desa Batu Belubang, Pangkalan Baru, Selasa (29/06/2021).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik mengatakan bahwa Pemkab Bateng telah memiliki aplikasi Sidolpin (Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan).

Sidolpin diharapkan dapat memudahkan para nelayan dalam mencari titik koordinat mencari ikan, juga di TPI Batu Belubang akan dikembangkan Kios Maritim sebagai tempat pusat informasi dan layanan atau Center Of Information And Services (COIS).

“Untuk menggunakan aplikasi Sidolpin ini, nelayan bisa mengaktifkan lokasi GPS dan mempunyai android. Diharapkan dengan adanya aplikasi Sidolpin, dan pengembangan TPI menjadi Kios Maritim sebagai pusat informasi, dapat memudahkan nelayan kita dalam memperoleh perizinan untuk melaut dan mencari titik koordinat dalam mencari ikan,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian yang hadir sekaligus membuka acara sosialisasi ini.

Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa Pemkab Bateng melalui Dinas Perikanan berkomitmen dan berupaya dalam memanfaatkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan secara optimal dan berkelanjutan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan membangun prasarana seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berfungsi sebagai prasarana utama dalam kegiatan perikanan. Hal ini menjadi faktor yang dapat menggerakkan/ meningkatkan usaha serta kesejahteraan nelayan ataupun pelaku usaha perikanan,” ujarnya.

Herman, salah satu nelayan yang ada di Desa  Batu Belubang saat ditemui merasa sangat terbantu dan berterima kasih kepada Pemkab Bateng yang sudah membuat tempat pelayanan terpadu untuk para nelayan sehingga memudahkan nelayan dalam mengurus perizinan.

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya aplikasi Sidolpin pihaknya merasa dimudahkan dan berharap agar pelayanan ini semakin ditingkatkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Riset Kelautan BRSDMKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kepala Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Camat Pangkalan Baru, Kades Batu Belubang, petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan  dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Wilayah Pangkalbalam, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (TBB)

No More Posts Available.

No more pages to load.