Satgas Operasi Trisila TNI AL Kunjungi Bangka Belitung

oleh -17 views

TINTABERITABABEL, BELINYU — Tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) mengunjungi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui pelabuhan Tanjung Gudang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Sabtu (30/3/2024) Kemarin.

Kedatangan tiga kapal KRI itu, disambut langsung Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Erwin Herdianto, M.Tr.Hanla., M.M beserta perwira staf dan seluruh prajurit.

Tidak hanya TNI AL Lanal Babel, masyarakat belinyu pun berbondong-bondong mendatangi pelabuhan tanjung gudang dan melihat kecanggihan KRI tersebut.

Tiga KRI itu yakni, KRI Krambit-627, diiringi dua KRI lainnya yaitu KRI Parang-627 dan KRI Teluk Celukan Bawang-532. Yang mana kedatangan mereka ke Provinsi Babel dalam rangka Satuan tugas (Satgas) Operasi Trisila TNI AL tahun 2024 yang dipimpin langsung Dansatgas yang diwakili oleh Wadan Satgas Kolonel Laut (P) Bagus Cahya Utama M.Tr Hanla., M.M

Pada kesempatan tersebut Wadansatgas Kolonel Laut (P) Bagus Cahya Utama M.Tr Hanla., M.M menyampaikan bahwa Satgas Ops Trisila TNI AL memakan waktu selama 37 hari dengan misi penegakan hukum dilaut.

Selain itu mereka juga melaksanakan Bhakti sosial dan pembinaan masyarakat pesisir di wilayah yang dikunjungi termasuk di Kecamatan Beliyu. Mulai Sabtu 30 Maret 2024 Sampai Dengan, Selasa 02 April 2024.

“Adapun rute pelayaran Satgas Operasi Trisila tahun 2024 berangkat dari Jakarta menuju daerah Operasi Belawan – Sumut, Sabang, Dumai, Dabo Singkep-Kepri dan berakhir di Provinsi Bangka Belitung dilanjutkan kembali lagi ke Jakarta,”kata Bagus.

Lanjut Bagus, kegiatan nyata satgas yang dilaksanakan di wilayah pesisir Provinsi Babel antara lain adalah melaksanakan pemberian kursi roda dan sembako kepada masyarakat nelayan Belinyu, melaksanakan pembersihan areal dermaga Pelindo Tanjung gudang dan melaksanakan Open ship KRI serta Penanaman Pohon Mangrove.

Pantauan sejumlah wartawan, saat pelaksanaan Open Ship KRI yang dibuka untuk para siswa/i di wilayah Belinyu terlihat begitu antusias sebagai pengenalan Tentang TNI AL yang memiliki alutsista yang dilengkapi perangkat senjata dan radar dan Tank ampibi Korp jenis Tank BMP 3 F dan BTR 50 yang berada di dalam tank dack KRI Teluk Celukan Bawang-532 serta melihat jenis senjata ringan, senjata serbu dan amonisi dipandu prajurit KRI dan Marinir yang terlibat dalam Satgas Ops Trisila TNI AL tahun 2024.

(tb/tintaberitababel.com/La Ode M. Murdani)

No More Posts Available.

No more pages to load.