Pelajari 5 Manfaat Fito EstrogenLp bagi Tubuh

oleh -15 views
Sumber: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320630

Fitoestrogen dibagi menjadi empat kelompok utama yaitu isoflavonoid, flavonoid, stilbenes, dan lignan (Aronson, 2016). Sumber fitoestrogen seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

 

Beberapa bahan pangan yang mengandung fitoestrogen seperti kedelai, bawang putih, seledri, wortel, kentang, nasi, gandum, ubi, kopi, serta buah-buahan seperti apel dan delima (Sirotkin dan Harrath, 2014; Poluzzi et al., 2014).

 

Salah satu makanan yang mengandung fitoestrogen berupa isoflavon dan lignan dalam konsentrasi tinggi. Beberapa produk pangan olahan yang dapat menjadi sumber fitoestrogen seperti tahu, tempe, dan susu kacang tanah (Rietjens et al, 2013). Artikel kali ini akan membahas beberapa manfaat fitoestrogen bagi tubuh.

 

1. Meringankan Gejala Menopause

Menopause adalah suatu kondisi berhentinya menstruasi secara permanen akibat penurunan kadar estrogen. Perubahan hormonal dapat menimbulkan gejala seperti hot flashes , berkeringat, masalah pada saluran kemih, gangguan tidur, dan penurunan kelembapan pada vagina (Peacock dan Ketvertis, 2022). Hot flashes adalah perasaan panas pada tubuh bagian atas seperti wajah, leher, dan dada (Frysh, 2022).

 

Sebuah studi oleh Badell et al menunjukkan bahwa fitoestrogen dapat mengurangi intensitas dan frekuensi hot flashes. Selain itu fitoestrogen juga dapat memperbaiki gangguan tidur dan penurunan kelembapan pada vagina (Bedell et al., 2014).

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan sekresi insulin. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti diabetes. Fitoestrogen dapat mempengaruhi pengaturan kadar gula darah. Penelitian yang dilakukan oleh Legatte et al menunjukkan bahwa fitoestrogen dapat menurunkan kadar gula darah puasa, serta meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin (Legatte et al., 2011).

3. Menurunkan Lemak dan Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya kadar lemak dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung. Fitoestrogen dapat menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan fungsi jantung (Legatte et al., 2011). Studi yang dilakukan oleh Liu et al menunjukkan bahwa konsumsi fitoestrogen yang berasal dari kedelai dapat menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL atau yang biasa disebut dengan kolesterol baik (Liu et al, 2014). Fitoestrogen juga dapat menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah (Ramdath et al, 2017).

4. Menurunkan Berat Badan

Fitoestrogen juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Fitoestrogen dapat mengurangi penumpukan lemak. Studi pada hewan uji dan manusia menunjukkan bahwa konsumsi fitoestrogen yang berasal dari kedelai dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Dalam penelitian tersebut, formula makanan pengganti berbahan dasar kedelai terbukti efektif dalam menurunkan berat badan, massa lemak, dan menurunkan kolesterol LDL (Allison et al., 2003).

5. Mencegah Osteoporosis

Perubahan hormonal pada wanita pascamenopause dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Sebuah penelitian pada hewan yang dilakukan oleh Lai dkk menunjukkan bahwa konsumsi fitoestrogen yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengeroposan tulang setelah menopause (Lai et al., 2011).

 

Asupan fitoestrogen dapat meningkatkan kandungan mineral tulang sehingga menurunkan reabsorpsi tulang. Mengonsumsi makanan kaya fitoestrogen seperti kedelai dapat membantu mencegah pengeroposan tulang pada wanita (Bendell et al., 2014; Ming et al., 2013).

Artikel ditinjau oleh Apt. Raspati Dewi Mulyaningsih, S.Farm

 

Referensi

No More Posts Available.

No more pages to load.

error: Anda Tidak di Beri Izin Mencopy Content