Jelang Idul Adha Pemkab Bateng Beri Arahan Dan Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban yang ASUH

oleh -14 views

Penulis: Aqbal Iskabullah

TINTABERITABABEL.COM, KOBA- Menjelang Hari Raya Idul Adha, Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman melalui Dinas Pertanian Bateng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Kurban dan Penanganan Daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (Asuh), Balai Benih Ikan Pemkab Bateng, Senin (05/07/2021) Siang.

“Bimtek ini adalah rutinitas yang dilakukan Bateng dalam rangka mensosialisasikan bagaimana proses dalam melakuan penyembelihan hewan kurban Idul Adha yang benar. Serta di dalam proses tersebut ada teknis-teknis yang harus kita sampaikan ke masyarakat,”ujar Algafry Rahman.

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bateng tersebut, pihaknya mengungkapkan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan pemotongan ini diharapkan dapat menjadi wadah masyarakat agar lebih memahami tata cara pemotongan hewan kurban yang benar.

Sehingga hewan kurban tersebut terhindar dari penyakit Zoonosis (penyakit atau infeksi yang ditularkan dari hewan vertebrata ke manusia), sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri agar pemotongan hewan kurban dapat berjalan dengan aman.

“Disamping menggelar bimtek, hal yang paling penting juga kita sosialisasikan terkait penggunaan protokol kesehatan, karna di pandemi covid-19 ini kita harus memberitahu kepada masyarakat bahwa panitia kurban harus mengutamakan protokol kesehatan,” ungkap Algafry.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Sajidin mengatakan bahwa proses pengecekan hewan kurban oleh dokter hewan sudah mulai dilakukan langsung dengan turun ke lapangan.

“Para dokter hewan sudah mulai turun ke tempat-tempat dan lapak-lapak penjualan hewan kurban untuk proses pengecekan hewan kurban yang dijual apakah layak untuk dikurbankan atau tidak, jika memang nanti ditemukan hewan yang tidak layak dikurbankan maka itu akan kami pisahkan dan kami tandai bahwa hewan itu tidak layak untuk dijual dan dikurbankan,” jelasnya. (TB)

No More Posts Available.

No more pages to load.