Jalan Sungailiat-Bakam Memprihatinkan, Masyarakat Minta Pemerintah Lakukan Pengaspalan

oleh -1 views

PENULIS : SR

TINTABERITABABEL.COM, BANGKA. Kondisi akses ruas jalan raya Sungailiat-Bakam semakin hari semakin memprihatinkan.

Pasalnya, sejumlah ruas jalan raya sepanjang kurang lebih 38 Km dipenuhi dengan lubang yang menganga sehingga menghambat aktifitas para pengendara yang melintas dijalan tersebut.

Parahnya lagi, masyarakat setempat melalui aparatur desa telah berulang kali menyampaikan aspirasi warga ke pemerintah daerah agar dilakukan pengaspalan, namun hingga kini pengaspalan yang dinantikan tak jua terealisasi.

Atas kondisi tersebut, banyak pengendara yang melintas di jalan raya Sungailiat-Bakam berharap kepada pemerintah daerah ini agar jalan yang rusak ini dilakukan pengaspalan.

Seperti halnya yang diutarakan oleh, H. Taat warga kecamatan Bakam yang mengaku kondisi jalan raya Sungailiat-Bakam ini telah terjadi sejak lama.

Lantaran akses jalan rusak parah, banyak masyarakat yang mengeluh saat melintas dijalan tersebut dan berharap ada tindakan dari pemerintah.

“Kondisi jalan sekarang ni lah luar biasa, lubang a besak besak, men dibiarin kayak ni, pacak pacak kami sebagai pengguna jalan ni jadi korban karena tergelincir,”ujarnya, Jumat (3/9).

Hal senada juga dikatakan oleh Cris yang memiliki kebun di desa setempat. Menurut dia, kondisi jalan tersebut terlihat parah jika musim penghujan tiba dimana disejumlah titik jalan digenangi air akibat lubang yang menganga.

“Parah bener pak, benar benar parah. Kalau ini dibiarkan, kasian dengan pengguna jalan. Karena lubangnya besar besar ditambah musim ujan pulik ini dan atas kondisi ini sangat menganggu kita dalam beraktifitas,”ucapnya.

Sementara, Amran, warga desa Mabat yang sedang melintas juga mengeluhkan hal yang sama.

Kepada sejumlah wartawan, Amran mengaku, sejak jalan Sungailiat-Bakam ini rusak, belum ada penanganan yang dilakukan oleh pemerintah daerah ini.

“Kalau tindaklanjut dari pemerintah belum ada. Buktinya sampai hari ini, jalan disini kondisinya semakin parah,” katanya.

Bahkan kata dia, karena sejumlah median jalan dipenuhi lubang, banyak pengendara yang melintas dijalan tersebut menjadi korban lalu lintas.

“Sering orang jatuh pas melintas disini. Maka dari itu kami ni berharap bener pemerintah melakukan pengaspalan atau peningkatan jalan disini biar warga yang melintas dak jatoh jatoh agik kelak a,”ujarnya

Terpisah, Kepala Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Andry saat dikonfirmasi atas jalan yang rusak ini mengaku, rusaknya jalan Sungailiat-Bakam ini terjadi sejak lama dan akan hal tersebut banyak masyarakat yang mengeluh lantaran jalan yang dimaksud menghambat aktifitas warga yang melintas.

Karena menurut Andry, jika jalan disuatu desa kondisinya menunjang, maka manfaatnya akan berdampak dengan kehidupan masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang beraktifitas menggunakan jalan itu.

“Dimana kita tau, jalan ini urat nádi perekonomian. Karena jika jalan itu baik, maka sejumlah bidang yang ada disuatu desa akan baik juga,”ucapnya

Untuk itu, Andry berharap kepada wakil rakyat daerah ini, bupati, gubernur hingga Presiden RI untuk dapat memperhatikan jalan Sungailiat-Bakam yang kondisinya memprihatinkan.

“Tolong kami pak Jokowi, kami ini bagian dari Indonesia. Kami ini sudah berapa kali ganti bupati, gubernur, tapi jalan tetap rusak, kami mohon peningkatan jalan,”ujarnya

Menurut Andry, terdapat empat desa yang ada di kecamatan Bakam yang mengalami jalan rusak, mulai dari desa Penyamun, Bukit Layang, Mangka, Mabat hingga Bakam yang menjadi akses jalan penghubung antar kecamatan dengan kota Sungailiat yang mana kondisinya rusak parah.

“Karena sebagus apapun desa jika tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik, maka desa itu tidak akan berkembang,” katanya.

Bahkan kata dia, dari semua desa yang ada di Bangka, hanya jalan Sungailiat-Bakam yang kondisinya memprihatinkan.

“Sementara, untuk jalan jalan lainnya sudah mulus. Karena hal ini, kami berfikir, apa sih yang menjadi penyebab para wakil rakyat dan pemerintah tidak mendengar aspirasi rakyatnya. Ada apa ini. Jadi tolong, tingkatkan jalan kami, karena ini murni aspirasi masyarakat yang menginginkan jalan Sungailiat-Bakam dilakukan peningkatan.”pungkasnya. (TB)

No More Posts Available.

No more pages to load.