Bawa Ratusan Balok Timah, Ramon Cs Divonis Hakim Bebas

oleh -41 views

TINTABERITA, BANGKA TENGAH —Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II B Koba, Bangka Tengah, Vonis bebas Ramon Cs yang kedapatan membawa ratusan balok Timah dari rumah Ramon, di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, pada Jumat (22/7/2022) lalu.

Dari hasil pengungkapan itu, Polisi berhasil mengamankan tiga orang yakni, Ramon, Erwin, dan Saputra alias putra.

Dikutip dari SIPP Pengadilan Negeri Koba Hakim memvonis bebas ketiga terdakwa tersebut. Menyatakan terdakwa Saputera alias Putra, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan tunggal Penuntut Umum.

“Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Penuntut Umum. Memerintahkan Terdakwa dibebaskan dari tahanan segera setelah putusan ini diucapkan. Memulihkan hak-hak Terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya,” kata majelis Hakim diketuai Rizal Taufani. Yang Dibacakan pada (29/12/2022) lalu.

Putusan yang sama juga Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II B Koba berikan kepada dua terdakwa lainnya yakni, Ramon Bin Apip dan Erwin Bin Supriyadi.

Sebelumnya, tim JPU  M Iqbal dan Maharani Cahyanti menuntut tiga Terdakwa dengan tuntutan yang berbeda. Erwin dituntut pidana penjara selama 4 tahun dan 6  bulan dikurangi masa penangkapan dan/atau penahanan yang telah dijalani.

Menjatuhkan pidana denda sebesar Rp. 62.500.000.000 subsidiair 4  bulan pidana kurungan yang pelaksanannya dilakukan paling lama 1  bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

Terdakwa Ramon dituntut penjara selama 3  tahun dan 6 bulan. Menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 50.000.000.000 subsidiair 3 bulan pidana kurungan yang pelaksanannya dilakukan paling lama satu bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

Saputera als Putra dipidana penjara selama 4 tahun dikurangi masa penangkapan dan/atau penahanan yang telah dijalani. Menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 50.000.000.000 subsidiair 3 bulan pidana kurungan yang pelaksanannya dilakukan paling lama 1  bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

No More Posts Available.

No more pages to load.